MENATA DIRI

Sahabatgurusuperindonesia.com – –MENATA DIRI

Yakin bahwa kita semua pasti pernah mengalami yang namanya keterpurukan dalam hidup yang terkadang membuat kita malas menjalani hidup . Dalam Bahasa kerennya sering dikatakan“mati segan hidup pun tak mau”Bagaimana agar kita lepas dari hal tersebut? . Ada 5 B yang akan kita bahas sebagai penangkal kemalasan kita dalam menghadapi hidup.

  1. BELAJAR DARI MASA LALU.Kita pasti pernah memiliki pengalaman buruk dalam hidup kita. Jadikan pengalaman buruk itu pemicu keberhasilan dimasa depan kita. Jangan sampai, trauma dari masa lalu yang buruk dan bahkan menjadi penghalang keberhasilan dimasa mendatang untuk kita.

2 BERGEGAS TINGGALKAN KEBIASAAN BURUK.Setiap kita mungkin saja mempunyai kebiasaan buruk.Namun, tanpa kita sadari, kebiasaan buruk itu yang terkdang menjadi penghalang kesuksesan bagi diri kita sendiri.Mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik merupakan hal terpenting untuk sebuah perubahan dalam hidup kita.

3 BERPIKIR POSITIF. Hal ini juga  merupakan hal penting dalam proses menata diri. Berpikir positif akan membantu kita untuk fokus pada tujuan hidup bukan pada kesulitan hidup. Kita akan mampu mengembangkan kelebihan kita, bukan kekurangannya.

4 BERPERILAKU ARIF DAN BIJAK. Lakukan evaluasi diri terhadap hal-hal apa saja yang sudah dan belum kita lakukan dalam hidup. Mengevaluasi sama artinya memahami diri sendiri terhadap segala hal yang mungkin saja perlu kita lakukan atau tinggalkan.

5 BERGERAK DARI ZONA NYAMAN. Kita semestinya mampu  bergerak keluar dari zona nyaman kita miliki saat ini untuk tumbuh dan berkembang lebih. Paham bahwa keluar dari nzona nyaman akan banyak tantangan yang kita hadapi, namun dengan banyak tantangan kita akan belajar menjadi tangguh.

“ Menata diri merupakan kebutuhan dalam proses hidup kita”.

CEO SGSI : SAM BADAR, BA., SPd.I., CH.,CHt.,CM.,CT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *