HYPNOTERAPI

sahabatgurusuperindesia.com ~ ~ ~ Sekilas Tentang Hypnoterapi

 

Mungkin kita pernah mendengar tentang hypnoselling, hypnoparenting, hypnotahfiz, hypnoteaching, hypnolearning dan masih banyak yang lain. Sehubungan dengan hal tersebut dalam kesempatan yang baik ini  mari kita dalami ilmu tersebut agar kita juga mampu menggunakan istilah hypno dalam segala hal termasuk dalam kegiatan belajar mengajar.

Menurut Para Pakar Hypnoterapi bahwa Hipnoterapi adalah terapi pikiran yang dilakukan dalam kondisi hipnosis. Sedangkan hypnosis adalah kondisi relaksasi pikiran yang biasanya disertai relaksasi tubuh. Dalam kondisi hypnosis, pikiran kita menjadi lebih terbuka terhadap perubahan. Banyak orang mengira bahwa keadaan hipnosis itu sama dengan tidur. Perlu dipahami bahwa kondisi hypnosis adalah kondisi alamiah. Tidak ada yang aneh ketika kita memasuki kondisi hypnosis. Tubuh kita akan rileks dan pikiran kita menjadi tenang. Hypnosis tidak sama dengan tidur atau pingsan. Dalam kondisi hypnosis atau deep trance, subjek tetap mendengar suara kami dengan jelas dan subjek menyadari keberadaannya.

Apakah fungsi hypnoterapi itu?. Manfaat hypnosis untuk terapi (hypnoterapi) sangatlah besar. Berbagai masalah yang sulit diselesaikan dengan cara-cara biasa, ternyata bisa diselesaikan dengan hypnoterapi. Namun karena banyak kesalahpahaman dan kurangnya informasi mengenai hipnoterapi, banyak orang yang enggan memilih hypnoterapi sebagai metode terapi untuk mengatasi masalah. Jangan salah, kita semua membutuhkan apalagi dalam dunia mengajar dan hebatnya kita juga bisa melakukannya.

Media masa, termasuk televisi seringkali memunculkan citra yang keliru tentang hypnosis. Sehingga banyak masyarakat yang salah paham, kemudian takut dengan hypnosis itu sendiri. Media masa sering kali menunjukkan hypnosis sebagai cara untuk menguasai atau mengontrol orang lain. Padahal faktanya tidak demikian. Subjek hanya bisa dihypnosis apabila subjek bersedia mengikuti perintah dari orang yang menghypnosis. Apabila subjek menolak dari awal, maka hypnosis tidak akan terjadi.  Orang yang tertipu, seringkali mengaku dihypnotis untuk menutupi kebodohannya. Karena jika dia mengaku telah menjadi korban penipuan, dia akan dianggap bodoh oleh keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, agar dia tidak disalahkan dan tidak dianggap bodoh, dia mengaku dihypnotis.

Hal penting dalam hypnoterapi bahwa semua hypnotherapist, tidak akan pernah menguasai pikiran subjeknya.Terapist tahu solusi yang pasti bagi masalah subjeknya. Jika subjek mau mengikuti instruksi dengan pikiran terbuka, terapist bisa membantu subjek meraih tujuan dengan cepat dan hasil dari hipnoterapi ini maksimal.

Tidak semua orang terhypno, namun bagi orang yang tulus mengikuti arahan masternya pasti bisa terhypno. Ada tahapan-tahapan untuk bisa mempengaruhi subjek agar bisa mengikutinya. Yang pertama adalah membangun mental kita sebagai terapistnya agar benar-benar yakin pada dirinya bahwa kita mampu mempengaruhi subjeknya. Ketika mereka paham tentang hypnotis, fungsi dan peran pentingnya, yang terjadi hampir setiap ketemu maunya dihypno. Jadi tidak ada lagi kata olok-olok. Memang sangat disayangkan yang kita tonton itu hanya hiburan yg tidak pernah berpikir efeknya terhadap penonton. Hypno yg di TV itu benar-benar menyesatkan.

Dalam hati, mungkin kita bertanya. Benarkah hypnosis tidak bisa digunakan untuk memaksa orang lain? Bagaimana dengan kejahatan hypnotis yang sering diberitakan Media Elektronik?

Di sinilah kesalahpahaman yang harus dijelaskan. Bahwa yang diberitakan di media elektronik mengenai kejahatan hypnotis kenyataannya bukanlah hypnosis. Kalau ditelusuri, kejadiannya maka modus sebenarnya adalah pembiusan atau penipuan bukan hypnosis. Namun karena ketidaktahuan masyarakat, kasus pembiusan dan penipuan itu dipercaya sebagai hypnotis.

Sekarang kita bahas cara kerja hypnoterapi. Pikiran kita sangat mirip dengan perangkat komputer. Kita bisa memasang suatu program pada suatu komputer dan apabila kita tidak membutuhkan program itu lagi, kita bisa menghapusnya. Kadang, tanpa kita sengaja, komputer kita bisa juga terkena program negatif yang kita kenal dengan “virus komputer”.

Sangat berbeda, kalau pembiusan dengan menggunakan zat kimia dan tanpa permisi pada orang yang dibius sehingga mengakibatkan orang tersebut tidak sadar. Sedangkan hypno jelas dengan kesepakatan dulu. Jika seseorang tidak mau dihypno maka hypno tidak akan terjadi. Atas pertanyaannya, setelah yakin membuat suasana yang nyaman kemudian rangkai kata-kata yang hidmat yang mampu mempengaruhi subjeknya, contoh kata-kata yang bisa merasuk ke dalam hati subjeknya.Kita belum bicara mengenai gelombang otak kita karena sungguh dalam dunia hypno itu harus paham posisi perputaran otak yang dihypno, apakah pada level Betha, Alpha, atau Theta karena hypno itu kesadaran orang yang dihypno, jadi kalau orangnya berpura-pura artinya hypno tidak berjalan. Nah di sinilah kita akhirnya mengandai-andai, sungguh hypno itu keikhlasan orang yang dihypnonya. Biasanya kalau mereka mau mengikuti masternya dengan segala sugestinya, hasilnya akan sangat maksimal baik itu penyimpangan perilaku maupun phobia.

Contoh nyata, ada anak usia 12 tahun tapi perokok kelas berat sampai ibunya sangat khawatir. Tapi si anak sungguh sadar ingin sembuh, ingin tidak merokok lagi. Nah pada saat anak tersebut diterapi, saya sugestikan bahwa rokok terbuat dari berbagai racun yang mematikan, filter rokok terbuat dari darah babi, merokok membuat anda berpelujang cepat mati, maka dalam keadaan sangat rilek bawah sadar menerima dengan baik. Sekarang anak tersebut sudah jauh dari rokok, sekalipun diiming-imingi apapun asal merokok tapi sudah tidak mau lagi.

Biasanya anak-anak diberi pengertian dulu. Contoh, bapak akan membawa mereka ke pantai, maka tanyakan pada anak apakah Anda sudah pernah ke pantai, mungkin jawabannya, “Sudah Pak”. Nah dari situ mari sejenak kita bayangkan tentang pantai yang pernah Anda kunjungi. Untuk lebih fokus, ayo pejamkan mata Anda. Sambil hirup udara dari hidung dan keluarkan dari mulut, ulangi lagi. Terus sambil menghitung, sambil menyugestikan semakin angkanya naik/atau turun mungkin dimulai dari 1 – 10 atau hitungan mundur, terus bapak sugestikan anak tetap tenang. Dengarkan bapak cerita tentang pantai. Terus bapak cerita tentang pantai, airnya, udaranya, burungnya, apa saja, maka lama-lama anak merasakan benar-benar berada di pantai dan pada saat itu ajak mereka masuk ke air, rasakan dinginnya air pantai, dingin, dingin, 100x lebih dingin, Rasakan udara pantai, terus Bapak ceritakan sampai anak-anak merasakan sebenarnya. Dari situ pada saat yang lain dibawa ke arah pembelajaran dengan lebih fokus.

Catatan: hypno tidak selalu memejamkan mata.

“Hypnoterapi bekerja sebagai alat untuk menghapus program-program negatif atau virus dalam pikiran kita sekaligus memasang program-program positif yang akan membuat kita lebih baik dari sebelumnya. Dengan hypnoterapi, kita bisa menghilangkan segala hal buruk yang ingin kita hilangkan dari pikiran, perasaan, dan perilaku kita. Dengan hypnoterapi, kita juga bisa menanamkan pikiran, perasaan dan perilaku baru yang baik untuk kemajuan hidup kita”.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *