FOKUS PADA KEKUATAN YANG KITA MILIKI

sahabatgurusuperindonesia.com ~ ~ ~ Fokus Pada Kekuatan yang Kita Miliki

Salah satu strategi untuk mencapai prestasi puncak yang lebih pasti adalah dengan upaya pengembangan pada kekuatan yang kita miliki, bukan kelemahan kita. Kita harus lebih banyak meluangkan waktu kita untuk melakukan hal-hal yang kita kuasai dan senangi. Fokus pada kekuatan kita merupakan sebuah kebutuhan dasar yang harus juga dipenuhi untuk menunjang suksesnya impian kita. Pertanyaan besar kemudian akan menghampiri kita semua, apakah kita sudah FOKUS terhadap sesuatu yang kita impikan?. Berikut adalah pendapat para sahabat yang mengikuti seminar Nasional tentang Membuka fokus pada kekuatan yang kita miliki dengan pertanyaan, Adakah sahabat yang mau menceritakan fokus dan impiannya?

  • Bu Suharsih : “Ingin jadi penulis ingin bisa menginspirasi setengah yakin sebetulnya.”
  • Bpk Sam Badar : “Bu Suharsih, apapun terlepas berpengalaman atau tidak, jika kita punya niat yang keras dan ambil bagian, maka yang terjadi adalah kenyataan. Tinggalkan keraguan itu Bu. Sampaikan pada diri ibu agar bawah sadar merekamnya bahwa ibu bisa menginspirasi yng lainnya.”

Sahabat Dahsyat. Fokus pada kekuatan yang kita miliki, bukan pada kelemahan akan memperbesar peluang sukses kita. Secara sederhana fokus berarti konsentrasi pada suatu titik atau pusat perhatian. Apabila kita lebih banyak berupaya mengatasi kelemahan, akhirnya kita akan memiliki banyak kelemahan yang semakin menonjol.

  • Bu Rahaju : “Saya berusaha dengan sungguh-sungguh untuk membantu siswa kelas 9 agar dia bisa tetap menlanjutkan belajarnya walau dengan berbagai cara saya.”
  • Bpk Sam Badar : “Bu Rahaju apa yang ibu lakukan adalah sebagai bentuk inspirasi kepada siswanya, satu hikmah mengatakan bahwa guru yang agung adalah guru yang mampu memberi inspirasi.”

Kita mesti sadar bahwa Allah SWT memberikan bakat pada kita yang berbeda-beda dan unik. Kita semua memiliki kelebihan dan kekuatan yang jika kita latih dan kembangkan kita akan menjadi yang terbaik dengan talenta yang sudah Allah berikan pada kita.

Ayo sahabat silahkan ceritakan tentang fokus dan impian yang digapainya. Silahkan sahabat Dahsyat.

  • Bu Rahaju : “Saya merasa bangga, jika anak didik saya bisa berhasil.”
  • Bpk Sam Badar : “Bu Rahaju setiap kita pastinya akan merasa senang dan bersyukur jika para anak didik kita berhasil melampaui segala rintangan dan menjadi orang yang berkecukupan dan mulia.”

Hal yang terpenting bagi kita semua adalah menemukan dan mengenali kekutan atau talenta yang ada pada diri kita karena dengan menemukan hal tersebut, kita akan mudah mengembangkannya.

Siapapun kita yang belum menemukan kekuatan atau potensi yang kita miliki bisa jadi kita belum luar biasa. Ayo mulai saat ini kita temuakan potensi dahsyat kita agar kita menjadi luar biasa.

  • Bu Rahaju : “Mungkin ada cara atau tips untuk menemukan kekuatan yang ada pada diri kita?”
  • Bpk Sam Badar : “Baik Bu Rahaju, bagaimana cara menemukan potensi yang ada yang kita miliki. Menemukan bakat yang kita miliki mungkin memerlukan waktu yang tidak singkat atau bahkan mungkin banyak dari kita yang tidak menyadari apa sesungguhnya talenta yang kita miliki.
  • Bu Suharsih : “Pada saat saya mencoba menulis kemudian ada beberapa teman yang mengapreasi bahwa tulisan kita bagus apakah itu tandanya kita memang potensi di penulis itu? Apakah bisa dikatakan kita sudah menemukan potensi?”
  • Bpk Sam Badar : “Bu Suharsih, sangat betul sekali itu pertanda ibu punya potensi dahsyat yang perlu dibuka dan dikembangkan.”
  • Bu Haida : “Bagaimana cara menemukan kekuatan itu pak? Apakah ketekunan mengerjakan semua job termasuk kekuatan itu?”
  • Bpk Sam Badar : “Bu Haida tentu ada di diri kita atau cara yang mudah untuk menemukan kekuatan kita. Bisa jadi ya, ketika kita suka kemudian secara tekun kita latih maka pada saatnya akan menjadi kekuatan yang luar biasa. Contoh: Jika seseorang berdagang Es kelapa di suatu tempat sampai 3 tahun atau lebih maka pasti akan ada perbedaan yang mencolok dibanding pedagang yang lain yang baru. Lama-kelamaan dia akan menjadi pedagang Es Kelapa yang terkenal, ia menjadi Dahsyat.”

Kita dengan sadar harus mampu menemukan kekuatan kita dan fokus mengembangkannya. Latihan dan kerja keras sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kekuatan kita sehingga mampu menjadi kenyataan.

  • Bu Haida : “Berarti kekuatan itu bisa diciptakan ya, Pak?”
  • Bpk Sam Badar : “Tidak ada keunggulan yang didapat tanpa latihan dan dilakukan secara terus menerus dan bahkan bertahun-tahun. Ini adalah salah satu jawaban yang ditanyakan bu Haida. Cara yang terbaik untuk menemukan potensi kita adalah dengan mengamati sebuah pekerjaan yang kita sukai kemudian terus kita asah secara terus menerus. Sangat betul bu Haida bahwa kekutan harus diciptakan.”

Hikmah yang patut kita teladani adalah Build on our strengths continusly, not our weaknesses/Bangun terus kekutan kita bukan kelemahan kita. Miris memang kita pada umumnya malah memperbesar kekurangan kita bukan kelebihan yang kita miliki.

  • Bu Fitria/Vea : “Saya merasakan hal ini ketika menulis kanji. Awalnya pusing menghafal bentuk dan arti dari satu huruf kanji. Tapi ketika dilakukan terus menerus jadi suka. Dan impian saya menjadi penulis kaligrafi kanji.”
  • Bpk Sam Badar : “Bu Vea kita ini sangat luar biasa. Ibu menginspirasi orang banyak dari mulai kesulitan namun terus dilatih maka menjadi kesenangan atau hobi. Dan pada saatnya hobi itu akan mendatangkan keberuntungan yang berkelimpahan. Satu lagi buat bu Vea, ketika sedang menulis huruf Kanji dengarkan pula musik klasik Jepang maka akan sangat memberi kekuatan.”

Ayo sahabat silahkan yang mau memberikan inspirasinya dengan berbagi kekuatan dahsyat yang dimiliki.

  • Bu Fitria/Vea : “Lalu bagaimana cara kita untuk membuat siswa fokus pada kekuatannya?”
  • Bpk Sam Badar : “Para Sahabat Dahsyat, dengan fokus pada kekuatan diri, kita akan mampu melihat peluang keberuntungan yang ada pada diri kita. Ajarkan pada siswa kita bahwa apapun yang sedang dipelajari adalah ada hikmah yang besar di kemudian hari yang berefek pada diri maupun lingkungan Ajarkan pula bahwa apapun yang sedang dipelajari sangat menyenangkan dengan memberi contoh atau berdemonstrasi. Dengan cara itu kita akan mudah menemukan potensi yang dimiliki para siswa kita.”

“Fokus pada kekuatan akan mengubah persepsi kita terhadap masalah, kegagalan, dan mungkin terhadap yang lainnya. Jika kita mampu mengarahkan fokus kekuatan kita maka energi kita secara otomatis akan bergerak lebih tinggi lagi”.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *