BELAJAR MENCINTAI DIRI SENDIRI

sahabatgurusuperindonesia.com ~ ~ ~ Belajar Mencintai Diri Sendiri

 

Bila kita membuat makna yang riil tentang cinta sebagai sebuah ‘sikap’ adalah sebuah cara pandang terhadap apapun dengan positif. Dengan kata lain, bila kita mencintai sesuatu hal, maka semua aspek dari hal tersebut akan selalu tampak positif. Tentu kita akan paham bahwa mencintai diri sendiri adalah cara pandang yang positif terhadap diri sendiri.

Satu masalah besar ketika kita tidak sadar membandingkan diri kita dengan orang lain, dampak dari membandingkan diri kita dengan yang lain maka rasa mencintai diri sendiri akan terkikis dan akhirnya tidak lagi positif tetapi sebaliknya.Kunci untuk mencintai diri sendiri adalah bersaing dengan diri sendiri. Untuk bisa bersaing dengan diri kita sendiri, kita harus menetapkan apa yang ingin kita lakukan. Buatlah rekor tertinggi untuk diri sendiri. Dengan seringnya memecahkan rekor terhadap diri sendiri maka kita tentu akan mengalami peningkatan. Kita akan memandang diri kita lebih baik dan lebih positif. Itulah kepuasan batin yang tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Imbas dari mencintai diri sendiri maka akan lebih mudah memberikan perhatian pada orang lain dan berbagi kebahagiaan pada orang lain karena dalam diri kita sudah ada pondasi cinta yang kuat. Jatuh cintalah pada diri sendiri maka dunia akan jauh lebih indah.

Memahami bagaimana mencintai diri sendiri dapat membantu kita mengatasi keterpurukan dan membangkitkan kepercayaan diri kita yang endingnya akan menikmati kehidupan yang lebih baik.

Sebelum kita memahami bagaimana mencintai diri sendiri, kita harus belajar menghormati diri sendiri terlebih dahulu. Kita sebagai manusia tentu memiliki kekurangan dan kelebihan, apakah itu terlihat atau tidak. Dengan hanya mengakui sisi negatifnya saja, maka kita belum bisa dikatakan sebagai orang yang mencintai diri sendiri. Ingatlah bahwa cinta dan kebahagiaan berasal dari dalam diri kita. Maka mulailah mencintai diri kita sendiri. Jangan lupa berilah penghargaan pada diri kita sendiri setelah mencapai sesuatu, sekecil apapun itu.

Ada satu pesan untuk sahabat semua, “Selama ini kita terlalu sibuk menghargai orang lain, memberi hadiah pada orang lain, memuji orang lain, berjuang untuk orang lain. Itu sebabnya kita lebih mencintai orang lain dari pada mencintai diri kita sendiri.”

Miris memang, contoh ketika artis pujaannya datang, semua pada histeris mengelu-elukan sampai mati-matian ketika artisnya datang. Perlu rasanya dan bahkan wajib untuk sebuah perubahan dalam hidup kita agar kita bisa berbuat yang lebih besar lagi karena seiring dengan itu semua, kemanfaatan pasti akan lebih luas lagi.

“Jatuh cintalah pada diri sendiri maka dunia akan jauh lebih indah”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *