MENGENALI KEKUATAN DAHSYAT KITA

sahabatgurusuperindonesia.com ~ ~ ~ Mengenali Kekuatan Dahsyat Kita

 

Kita memiliki kekuatan dahsyat yaitu kapasitas otak yang begitu besar, jika dimanfaatkan dengan baik maka kehidupan kita akan sangat luar biasa . Satu hal yang perlu dicatat bahwa sesuatu yang terjadi pada proses kehidupan kita adalah karena pikiran kita, apa yang ada dalam pikiran kita. Pikiran kita merupakan kekuatan bagi diri kita untuk menjadi hidup kita ini seperti yang kita inginkan, ada istilah “we are what we think”. Satu contoh nyata tentang pikiran kita, jika kita berpikir dan mempunyai hati yang bahagia maka hidup yang kita hadapi akan bahagia, sebaliknya jika pikiran kita dibawa ke arah kesedihan maka yang terjadi juga kesedihan.  itulah hebatnya pikiran kita. Contoh lain,Kalau kita ingin menjadi orang yang kaya raya bahagia maka hati dan pikiran kita harus disatukan dan direfleksikan ke gambaran “hidup kaya raya bahagia”. Jika kita ingin sukses terhadap sesuatu maka hati dan pikiran kita juga harus disatukan kepada suatu “kesuksesan terhadap sesuatu yang kita inginkan”.

Namun jangan lupa juga, kita mesti memiliki kerendahan hati, kita ukur kesuksesan yang kita ingin gapai. Kita memiliki keinginan stinggi bintang dilangit namun tetap membumi. Ilmu padi itu yang semestinya kita anut, apalagi sebagai orang yang tingkat keimanannya cukup tinggi maka selalu mengedepankan ketawadhuan. Sebagaimana para ulama yang mengarang banyak kitab yang sampai saat ini tak pernah basi karena tujuannya hanya diniatkan ibadah dan kemanfaatan.  Maka bekerjalah dengan segenap suara hati kita. Jika kita bekerja dengan intuisi maka yang terjadi adalah lebih kepada kebaikan dan ketenangan jiwa, kiat terampuh bekerjalah dengan hati.

Bagi seseorang yang berjuang keras dengan berusaha keras dengan disertai kejujuran dan amanah maka ia akan mendapatkan hasilnya sesuai dengan perbuatannya. Itulah ketetapannya. Usaha dan peran serta diri sendiri dalam mengolah apa yang dimiliki adalah sangat berpengaruh dalam menentukan masa depan kita. Hal yang perlu diingat dan sebagai pengingat adalah jadilah great teachers yaitu guru luar biasa yang bakal mencetak orang-orang hebat. Harus dipahami bahwa kehidupan dan pola pikir seseorang itu merupakan hasil “cetakan” dari orang-orang dan lingkungan terdekatnya, tidak salah jika kita menjadi salah satu a great teacher. Jadilah guru inspiratif dimanapun kita berada.

Memang tidak mudah menjadi guru inspiratif namun bukan berarti tidak bisa. Hal utama untuk bisa menjadi guru inspiratif adalah membuang mental bloknya dulu. Cara berpikir kita harus lebih luas. Jika kita adalah berprofesi sebagai guru sekolah, mestinya kita tidak saja melulu dengan aturan baku tapi lebih kepada pengembangan kreativitas, yang tentu disesuaikan dengan lingkungan di mana kita berada.

Contoh pengembangan kurtilas, sebagus apapun sistemnya kalau pelaksanaannya tidak mumpuni maka sistem akan hanya jadi sistem yang tidak berkembang. Kita beri contoh kecil pada KBM, umpama mata Diklat Bahasa Inggris. Ketika kita tidak yakin akan keberhasilan peserta didik dalam ketuntasan pembelajarannya maka harus ada trik lain. Misal kalau saya, biasanya datang pukul 5.30, sedangkan jam belajar 6.30. Saya berdiri di depan pintu menunggu anak-anak yang datang dengan kertas A4 yang sudah saya print dengan tulisan “Today is Monday, I Like Monday, I Meet all my friends.” Di sini sudah mengajarkan banyak, bukan saja anak-anak langsung praktek tapi memahami pengetahuannya juga. Setiap anak mengucapkan itu diulang sampai 3 kali. Hasilnya anak-anak setingkat SMK terbiasa dengan bahasa tersebut.

“Faktor yang menjadikan seseorang itu memiliki kekuatan dan meraih kesuksesan adalah pemikiran positif, optimis, kerja keras, pergaulan yang baik, dan sikap takwa kepada Tuhanlah yang paling utama”. 

Visit/Kunjungi : you tube : sam badar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *