Semangat berkarya untuk kesuksesan kita

sahabatgurusuperindonesia.com ~ ~Semangat Berkarya Untuk Kesuksesan Kita (intisari buku Menjadi Guru yang Mengubah dan Menggugah)

Orang yang optimis selalu berpikir bagaimana agar selalu bisa menciptakan peluang-peluang baru ke depan. Contoh, sebagai seorang guru semestinya bisa menciptakan peluang-peluang baru untuk kemajuan peserta didiknya. Orang optimis mampu mengendalikan pikiran sesuai dengan keinginannya. Orang optimis selalu bergerak lebih awal dibanding yang lain.

Kiat-kiat apa sajakah untuk bisa mengubah ancaman dan kelemahan jadi peluang?  Yang paling utama adalah kita harus menyadari bahwa hidup kita hari ini adalah anugerah dari Illahi yang paling besar. Segala sesuatu adalah pilihan, mau sukses atau gagal jadi pilihan kita. Ketika kita masih memandang positif terhadap kekurangan kita, maka di situ kita masih bisa memanfaatkannya untuk kesuksesan. Seterusnya berusahalah untuk tetap hidup, jangan pernah putus asa, sepahit apapun yang kita rasakan semestinya dijadikan keberuntungan kita. Terus berkarya merupakan satu pilihan terbaik karena dengan berkarya itulah kita bisa dikatakan hidup lebih berarti. Hidup akan menjadi lebih ringan manakala kita mampu menyelesaikan pekerjaan yang dihadapi dan mampu menyelesaikan hal yang lebih besar lagi untuk kemaslahatan bersama.

Kita sebenarnya sangat luar biasa namun sering diri sendirilah yan memblokade kemampuan dahsyat kita. Lihatlah kemanfaatan dari aksi kita sekecil apapun, dan lihatlah bahwa yang kita perbuat akan memperoleh pahala yang dahsyat dari Tuhan Yang Maha Esa. Satu hal yang perlu dicatat adalah kita seringkali fokus pada hal-hal yang tidak penting yang bisa jadi justru akan menghambat perjalanan untuk menggapai hal-hal yang lebih besar. Maka yang terbaik fokuslah pada hal-hal yang penting dan lebih besar saja. Mulailah bangun motivasi yang jauh lebih dahsyat terhadap apa yang dikerjakan atau dihasilkan, yaitu motivasi UHROWI, dilihat atau tidak, dipresensi atau tidak, disanjung atau tidak, BUKAN merupakan ukuran lagi. Sungguh semua aktivitas kita diniatkan ibadah saja.

Berkarya, apapun karyanya merupakan keberkahan kita dalam menambah nilai baik kehidupan kita. Buatlah perubahan-perubahan bertahap. Kita mesti sadar bahwa untuk menggapai sukses besar harus didahului dengan langkah demi langkah sekecil apapun.

Ada pesan yang perlu dijadikan inspirasi buat kita semua. Sahabat, pesan dari Sang Guru, “Jalani hidup ini dengan penuh ketulusan, keikhlasan dan usaha maksimal karena dengan tulus dan ikhlas, kita akan benar-benar merasa lebih hidup dan akan membuat hidup lebih mudah, indah, dan jauh lebih bermakna karena pada hakekatnya yang kita harapkan hanyalah mendapat ridhoNya.”

Pastikan diri kita layak menerima yang kita inginkan, buatlah goal sesuai dengan kemampuan sendiri. Rasa ikhlas erat kaitannya dengan kebahagiaan. Jika kita bisa mengkondisikan suasana hati pada posisi ikhlas, kita akan merasa damai, tentram, tenang, dan bahagia. Jangan pernah galau jika belum mendapatkan apapun yang kita harapkan atau hasilnya belum sesuai yang diharapkan. Nikmatilah apapun yang sedang kita miliki saat ini, jangan larut dengan kesedihan yang berkepanjangan sebab semua ada nilai baiknya terhadap diri kita.

Tetaplah berkarya, buatlah keputusan apapun dalam hidup ini dengan hati yang jernih, nikmatilah kehidupan ini dengan rasa syukur, hadapilah persoalan dengan keikhlasan, jadikan kejujuran dan kesabaran sebagai pegangan dalam menapaki hidup ini, lewati hari dengan senyuman terindah kita untuk semua yang ada di hadapan kita.  * * *.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *